MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Interview Kerja

5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Interview Kerja
Add Comments
25/06/20


Kalau kamu adalah seorang pencari kerja kamu tentu tidak asing lagi dengan proses interview.  Tahapan itu pasti kamu akan lalui setelah kamu dinyatakan memenuhi kualifikasi secara administratif atau mungkin setelah kamu melakukan tes psychology. Tidak sedikit yang gagal pada tahapan ini saat melamar pekerjaan.

Sebagai seorang pencari kerja, kamu harus memahami bahwa interview kerja adalah salah satu Langkah yang dilakukan perusahaan untuk melihat kualitas dirimu apakah sesuai atau tidak dengan apa yang perusahaan butuhkan,

Kalau kamu selama ini selalu gagal dalam tahapan ini, atau merasa belum siap, Artikel kali ini akan mengupas mengenai hal apa saja yang perlu kamu persiapkan agar sukses dalam  melakukan interview kerja.

Catat Waktu Interview

Hal ini mungkin sepele, namun siapa yang tau kalau kamu bisa saja menjadi lupa kapan kamu di jadwalkan untuk interview. Kalau kamu tidak datang tepat pada waktu yang telah di jadwalkan, mungkin saja itu akan menjadi penilaian awal yang tidak menguntungkan untukmu. Percayalah, tidak ada ingatan yang setia, mencatat waktu interview adalah langkah sederhana yang bisa membantumu.

Cek Lokasi Tempat Kamu Akan Melakukan Interview

Hal ini harusnya kamu lakukan sehari sebelum kamu dijadwalkan untuk melakukan interview. Mungkin kamu bertanya, untuk apa itu semua dilakukan? Hal ini untuk membantumu memahami bagaimana kondisi yang akan kamu hadapi esok hari saat berangkat menuju lokasi interview.

Dengan mengecek lokasi sehari sebelum waktu yang dijadwalkan, kamu akan mengerti apa saja yang akan kamu lalui, apakah akan ada keramaian atau tidak yang mungkin saja akan menghambatmu sampai ketempat tujuan tepat waktu.

Jika hal itu terjadi, tentu akan berpengaruh pada mood mu. Mood yang kamu rasakan akan berpengaruh pada bagaimana ekspresi, bahasa tubuh atau mungkin jawabanmu yang tentunya menjadi perhatian para interviewer. 

Cari Tau Informasi Tentang Perusahaan Yang Kamu Lamar

Melamar pekerjaan mungkin saja dapat kita analogikan dengan mengikatkan diri pada sebuah hubungan, sebelum kamu menjalin hubungan lebih jauh, coba kamu kenali dan pahami siapa dan bagaimana dia.



Begitupun saat kamu ingin melamar sebuah pekerjaan, terlebih jika kamu sudah mendapatkan panggilan untuk melakukan interview. Cobalah cari tau apa core bisnis dari tempat kamu saat ini melamar, bagaimana visi-misinya, bagaimana kondisi perusahaannya saat ini, termasuk dimana kamu akan ditempatkan nantinya jika kamu terpilih.

Cobalah cari tau informasi lebih banyak. Hal itu akan membantumu memahami, apakah perusahaan yang kamu lamar, sesuai dengan apa yang kamu harapkan atau tidak.

Dengan mencari tau lebih banyak informasi mungkin saja itu akan membantumu menjawab pertanyaan yang mungkin saja ditanyakan, “ Apa yang kamu tahu tentang perusahaan “XX”?

Cari Tau Apa Job Description atau Apa yang Akan Kamu Kerjakan.

Setiap perusahaan mungkin saja memberi nama yang berbeda pada satu posisi yang sama, oleh karena itu, kamu juga harus memahami apa saja yang akan menjadi tanggung jawabmu jika kamu diberikan amanah untuk mengisi posisi yang kamu inginkan itu.

Dengan mencari tau apa saja yang menjadi tanggung jawabmu kamu dapat memahami apa saja relavansi pengalamanmu dengan posisi yang akan kamu lamar, sehingga saat melakukan interview kamu dapat tampil lebih percaya diri dan memahami apa kontribusi yang bisa kamu berikan.

Berapa Range Gaji untuk Posisi yang Sedang Kamu Lamar

Kamu bisa mencari literatur di internet untuk membantumu menentukan hal itu. Carilah berapa nilai gaji terandah hingga tertinggi pada umumnya untuk posisi tersebut. Sehingga saat kamu ditanya mengenai berapa salary yang kamu harapkan kamu sudah bisa menyebut angka yang kamu inginkan dan tidak lagi mengatakan bahwa itu bergantung bagaimana perusahaan membayarmu.

ingatlah, bahwa perusahaan bisa saja memberimu nilai salary yang tinggi selama kamu memang memiliki produktifitas yang tinggi atau kontribusi yang besar pada perusahaan, oleh karena itu persiapkanlah dirimu.

Itulah lima poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan wawancara kerja.

AWEZET | Improve Your Knowledge

Merupakan personal blog yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.