MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

6 Kesalahan Mengirim CV Lewat Email Yang Bisa Buat Kamu di Tolak

6 Kesalahan Mengirim CV Lewat Email Yang Bisa Buat Kamu di Tolak
Add Comments
28/11/19

Mengirim CV lewat email mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang mudah dan bukan menjadi satu hal yang perlu mendapat perhatikan lebih. 


Mengirimkan CV lewat email memang lebih cepat, mudah dan tidak memakan banyak biaya. mungkin hanya sedikit kuotamu saja yang akan berkurang. Tapi itu jauh lebih praktis dibanding jika harus mengirmkan CV melalui POS atau JNE ke perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Selain karena biaya yang diperlukan lebih sedikit untuk mengirimkan CV lewat email, Jutaan orang juga tidak menyadari bahwa peluang kamu untuk mendapatkan panggilan kerja juga menjadi lebih besar, sebab kamu bisa mengirim banyak lamaran kerja dalam waktu singkat. Wait, wait…. Kok malah kek iklan binomo ya..

Oke, kembali ke topik.

Meski mengirim CV atau lamaran kerja lewat email lebih mudah, namun ada saja hal sederhana yang masih banyak pelamar atau jobseeker abaikan saat mengirimkan CV mereka melalui email, padahal itu akan memberi dampak besar pada CV yang mereka kirimkan.

Kali ini kami akan merangkum kesalahan sederhana yang tidak perlu kamu lakukan untuk meningkatkan peluangmu:

1. Mengirim CV Sekaligus Ke semua email HRD

Saya paham, dengan cara itu mungkin kamu bisa mengirim 100 atau bahkan ribuan lamaran kerja dalam sehari. Tapi percayalah,  itu bukan hal baik yang harus kamu lakukan.

Kamu harusnya mengirim lamaranmu satu persatu ke alamat email HRD yang kamu tuju, tidak secara sekaligus.

2. Tidak Mengubah Nama File CV 

Hal ini terdengar sederhana namun masih saja banyak orang yang mengabaikannya. Jika file CV mu masih kamu simpan dengan nama “CV lamaran Kerja” atau apapun itu segeralah ubah.

Sebaiknya Kamu mengubah file CV mu dengan memasukkan namamu misalnya “CV AHMAD RAZAK”. Kenapa harus demikian, percayalah, ada banyak lamaran yang masuk ke email HRD setiap harinya.

Dengan mengubah nama file CV mu, HRD akan lebih mudah menemukan CV mu dengan bantuan mesin pencarian.

3. Mengabaikan Judul/subject Email

Mungkin kamu sudah paham hal ini, tapi biarlah ku beritahu kembali bahwa kamu harus memperhatikan setiap detail apa yang disyaratkan oleh perusahaan yang ingin kamu lamar.

Biasanya setiap posisi memiliki kode yang berbeda, jadi perhatikanlah hal tersebut.

contohnya
“CV-Alfansyuri-HRD”

Jika tidak ada kode yang disyaratkan, setidaknya tulis posisi yang ingin kamu lamar.
Misalnya, “CV-Alfansyuri-Posisi Staff HRD”

Tidak mengisi judul pada email yang akan kamu kirim, bisa dianggap sebagai spam dan memungkinkan CV mu tidak akan dibaca dan justru akan di acuhan atau dihapus.

4. File CV masih berbentuk file Work

Jika benar demikian, segeralah ubah CV mu kedalam format PDF. Hal ini dilakukan karena format PDF akan mengindikasikan bahwa CV mu sudah Fix dan akan jauh lebih mudah untuk dibaca dan terlihat jelas dibanding jika kamu kirimkan dengan format word.

5. Menggunakan email yang terlihat alay.

Hal ini memang sederhana, tapi coba kamu bayangkan sedang berada di posisi, dimana kamu menerima sebuah email resmi yang dikirimkan dikirimkan oleh seseorang dengan email yang alay.

Coba kamu lihat hal berikut ini lalu bandingkan sendiri;

Baca Juga: Sering Gagal Saat Wawancara Kerja, Simak Hal Berikut Ini

a. Robbyghaul357@gmail.com
b.Robbysaputra@gmail.com

Coba perhatikan kedua email tersebut, mana yang tampak lebih professional. Sederhana memang namun itu akan meninggalkan kesan tentang dirimu.

Silahkan kamu jawab sendiri !

6. Mengirim di waktu yang tidak tepat.

Agar CV mu menjadi yang pertama dibaca oleh HRD, kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengirimkan sebuah email.

Ingatlah bahwa jam 9 adalah waktu yang tepat untuk kamu mengirimkan lamaran mu. Karena pada jam itu, HRD telah duduk di mejanya sambil sesekali mengecek email yang masuk.

Jika kamu salah waktu dalam mengirim, emailmu akan tertumpuk oleh email lainnya yang akan masuk.

AWEZET | Improve Your Knowledge

Merupakan personal blog yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.