MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Hal yang Harus Kamu Pahami Sebelum Mengerjakan Skripsi

Hal yang Harus Kamu Pahami Sebelum Mengerjakan Skripsi
Add Comments
05/10/19

Mengerjakan skripsi tentu bukan hal yang mudah, akan selalu ada hal-hal yang membuat kita menjadi terhambat dalam pengerjaannya. Entah itu rasa malasmu, ketidak pahamanmu, atau mungki kamu terlalu sibuk dengan ponselmu bermain game hingga lupa, bahwa tinggal dua bulan lagi semester baru akan tiba.

Artinya, jika kamu tidak memiliki progres hari ini, maka bersiaplah membayar besarnya biaya pendidikan pada semester yang akan datang. Jika kamu merasa itu biasa saja dan kamu masih ingin membayar uang kuliah lagi, itu urusanmu.

Namun, jika kamu sudah tidak ingin bertemu semester baru tanpa progres, maka rasa malas, alasan ketidakpahamanmu adalah hal yang harus kamu buang jauh-jauh.

Agar pengerjaan skripsimu berjalan dengan lancar maka kamu harus memulainya dengan mengubah mindsetmu!

Alasan kamu memerlukan banyak waktu untuk mengerjakan skripsimu mungkin saja bisa beragam, tapi jika alasanmu untuk tidak melakukan bimbingan skripsi karena kamu belum menyelesaikan revisi dari pembimbingmu belum selesai, maka hal itu keliru!

Cobalah mengubah mindsetmu mulai saat ini, jangan jadikan pembimbing menjadi seorang yang kamu takuti, hingga tidak berani menampakkan diri dihadapannya hanya karena alasan kamu belum menyelesaikan revisi.

Pertama, kamu harus paham bahwa salah satu indikator dari penilaian kinerja dari dosen pembimbingmu adalah, seberapa banyak mahasiswa yang ia bimbing mampu menyelesaikan studi pada semester yang sedang berjalan.

Artinya jika kamu tidak menyelesaikan studimu, tidak hanya kamu yang rugi, namun sebenarnya dosen pembimbingmu pun akan mendapatkan akibatnya.

Kedua, dengan alasan tadi, mestinya kamu sadar, bahwa pembimbing hadir untuk memberimu bimbingan dan petunjuk agar kamu bisa menyelesaikan studimu, bukan malah membuatmu menjadi susah.

Jika kamu menemui sebuah kendala selama proses pengerjaanmu, maka datanglah, temuilah pembimbingmu. Cobalah untuk bertukar pikiran. Sampaikan apa yang menjadi masalahmu, dengan begitu, kamu justru akan dengan lebih mudah menemukan solusi atas kebuntuanmu.

Ingat pembimbing hadir untuk memberimu bimbingan dan petunjuk atas kendala yang kamu hadapi selama melakukan penelitian, bukan justru menyusahkanmu.

Namun pembimbingmu tidak akan pernah tau apa kendalamu jika kamu tidak datang menemuinya.

Jika tetap memaksakan revisi diatas ketidakpahaman yang kamu paksakan, bisa saja dosen pembimbingmu akan menganggap kamu telah memahami apa yang kamu tulis atau kerjakan saat kamu menemuinya, hasilnya adalah, kamu akan menemui tekanan yang lebih besar saat mengerjakan revisimu.

Baca Juga: 5 Cara ini Bantu Kamu Temukan Topik Penelitian yang Tepat

Tapi coba bayangkan, saat kamu menemui kendala saat penyusunan penelitian dan kamu datang untuk bertukar pikirin lebih dulu dengan pembimbingmu?

Hal itu justru bisa membuatmu lebih memahami apa dan bagaimaa sebenarnya arah revisi yang dinginkan oleh pembimbingmu. Sehingga saat kamu mengerjakannya, kamu akan menjadi lebih paham.

Tapi ingat, saat kamu bertemu dengan pembimbing, datanglah dengan persiapan. Sehingga meskipun kamu belum menyelesaikan revisi kamu bisa tetap datang untuk saling bertukar pikiran atas kendala yang kamu hadapi.

Ketiga, tunjukkan bahwa kamu benar-benar punya keinginan untuk menyelesaikan penelitianmu. Sadarlah, bahwa saat ini kamulah yang sedang membutuhkan arahan dari pembimbingmu.

Tunjukkanlah padanya bahwa kamu memiliki tekad dan kesunggguhan dalam menyelesaikan studimu. Jika kamu menemui pembimbing yang cenderung sulit di temui, maka dengan menunjukkan tekadmu adalah jalan yang bisa kamu coba.

Jika pembimbingmu adalah dosen yang sulit ditemui, maka cobalah membiasakan diri untuk selalu hadir lebih awal menunggu di depan ruangannya untuk bimbingan. Sekali atau dua kali mungkin itu tidak memberi pengaruh, tapi percayalah jika kamu konsisten melakukan hal itu, maka pembimbingmu akan menangkap pesan bahwa kamu sungguh-sungguh memiliki tekad untuk menyelesaikan penelitianmu, dan tanpa sadar, pembimbingmu akan memberimu jalan untuk segera menyelesaikan studimu itu.

Baca Juga: Download Jurnal International Berbayar Apa Saja Secara Gratis!
Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.

  1. nice shering, coba dulu saya nemuin artikel ini waktu bikin skripsi, mungkin gak sepusing dlu, hehe salam edukasi bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... masa ngerjain skripsi memang masa yang berat haha

      Hapus