MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Gerakan Mata Bisa Tunjukkan Seseorang Sedang Bebohong!

Gerakan Mata Bisa Tunjukkan Seseorang Sedang Bebohong!
Add Comments
27/10/19

Tulisan ini akan mengupas hal yang berkaitan dengan ekspresi kebohongan dan bagaimana anda mendeteksi kebohongan itu. ini tentunya akan membantu anda mendeteksi setiap kebohongan yang ada disekitarmu.

Perlu anda pahami bahwa banyak pembohong ulung yang mampu menutupi kebohongannya, dan ada orang jujur yang karena alasan tertentu justru menunjukkan gerak-gerak yang identik dengan sinyal kebohongan.

Namun, akan jauh lebih baik bagi anda jika mampu mengenali setiap sinyal dari kebohongan. meskipun anda tidak secara langsung mampu menjustifikasi orang tersebut, setidaknya dengan pemahaman yang akan anda dapatkan mampu menjadi sebuah catatan penting bagi anda untuk berhati-hati dalam bersikap kepadanya.

Pada artikel sebelumnya, anda telah mengetahui apa saja sinyal yang akan ditunjukkan oleh seorang yang sedang berbohong.  Kalau anda belum mengetahuinya, anda boleh membaca artikel berikut ini terlebih dahulu.
Jangan Mau Dibohongi Lagi, Kenali 8 Tanda Seseorang Sedang Bebohong
Artikel ini, akan berfokus pada bagaimana anda mendeteksi kebohongan melalui gerakan mata. Agar anda mampu menangkap sinyal tersebut, anda harus terus berlatih melakukan pengamatan, karena sinyal yang dimunculkan kadang hanya berlangsung sepersekian detik saja.
Sebagai seorang pengamat, anda harus mengambil posisi netral dan tidak menghakimi.

Sekali lagi saya sampaikan bahwa ini bukanlah sebuah kebenaran mutlak, namun anda dapat menggabungkan beberapa sinyal untuk benar-benar memastikan bahwa apa yang diungkapkannya adalah sebuah kebohongan.

Cara Mendeteksi Kebohongan Lewat Kontak Mata.

Ungkapan yang menyebut bahwa mata mampu menggambarkan keadaanmu nampaknya ada benarnya.

Jika anda sedang berbicara dan lawan bicara anda enggan melakukan kontak mata dengan anda, mungkin ini saatnya anda patut untuk curiga.
Terlepas dari persepsi agama tentang saling bertatapan, ini bisa menjadi sinyal kebohongan dari seorang yang tidak pandai untuk berbohong.
Sebaliknya, jika seorang terus menatap lurus dan melakukan kontak mata dengan anda secara berlebihan, dan pandangannya seperti sebuah tatapan kosong, anda juga patut mencurigainya.

Ini adalah indikasi bahwa ia sedang beruasaha untuk meyakinkanmu bahwa ia bukanlah pembohong, namun sayangnya ia tidak dapat melakukan itu sacara wajar pada anda.

Berikut ini kuberitahukan pada anda sebuah pola gerakan mata yang dapat menunjukkan bagaimana proses ia berfikir. Sekali lagi kuingatkan, ini bukan sebuah kebenaran mutlak, tapi ini adalah sebuah pola umum yang sering terjadi.

Mari kita pelajari bersama, anda boleh memulai dengan melihat ilustrasi dibawah ini.

Gerakan Mata Keatas (Visual)

Jika kamu menemukan seseorang sedang menggerakkan matanya ke atas, itu menandakan dirinya sedang memproses sebuah informasi internal (dalam dirinya) secara visual.

Saat pandangannya bergerak ke kiri atas, itu menandakan bahwa ia sedang mengingat kembali sebuah informasi (secara visual) yang sudah pernah ia lihat sebelumnya (visual Remembered).

Misalnya, saat seseorang kamu minta untuk mengingat wajah gadis yang ia temui pagi ini.

Sebaliknya, saat ia menggerakkn matanya ke atasa kanan, itu bisa jadi indikasi bahwa ia sedang berusaha mengimajinasikan sesuatu secara visual (visual constructed)

Gerakan mata ini biasanya dilakukan saat kamu minta seseorang membayakangkan sesuatu yang sebelumnya belum pernah ia lihat sama sekali, dan ia berusaha untuk mengimajinasikannya.

Jadi, jika kamu meminta seseorang bercerita mengenai masa lalunya, dan ia menunjukkan gerakan mata ke kanan atas, itu bisa jadi indikasi bahwa pada bagian itu terdapat sebuah cerita yang sedang berusaha ia rekayasa.

Kesimpulannya, gerakan mata ke kiri atas adalah indikasi ia sedang mencoba menyampaikan informasi secara visual yang sebelumnya ia sudah pernah alami atau lihat. Semantara gerakan ke kanan atas adalah indikasi bahwa sedang berusaha mengimajinasikan sesuatu yang belum pernah ia lihat atau alami.

Gerakan Mata Lurus/Tidak Fokus

Saat seseorang sedang memandang ke arah anda, namun pandangannya tampak tidak fokus, dan tampak sedang melamunkan sesuatu maka sebenarnya ia sedang tidak memandang anda melainkan ia berusaha mengakses gambaran internal dirinya.

Ini bisa jadi sebuah ingatan yang sebelumnya, atau sedang mengimajinasikan sesuatu. Sederhananya, kita biasa menyebut bahwa ia sedang melamunkan sesuatu.

Namun ingat, jiak ini diakukan secara tidak wajar, ini bisa menjadi sebuah idikasi kebohongan seperti yang sebelumnya telah kami beritahukan.

Gerakan Mata Lurus/Sejajar dengan telinga (Auditory)

Jika gerakan matanya bergerak ke kiri sejajar dengan telinga, maka itu mengindikasikan bahwa ia sedang berusaha mengingat kembali apa yang pernah ia dengar sebelumnya (auditory remembered)

Misalnya saja ini bisa terjadi saat seseorang berusaha mengingat bagaimana suara mesin atau kendaraannya pagi hari.

Sebaliknya, jika gerakan matanya ke kanan, ini juga menjadi indikasi bahwa bahwa ia berusaha mengkreasikan suara yang pernah sebelumya ia dengarkan (auditory constructed)

Ini sama halnya dengan gerakan visual, gerakan mata kekanan adalah indikasi bahwa ia memproses sesuatu yang belum pernah terjadi atau dia alami, sementara ke kiri adalah proses untuk mengakses sesuatu yang tersimpan dalam memori.

Gerakan Mata Ke bawah (Kinestetik)

Saat matanya bergerak ke kanan bawah, itu menandakan ia sedang memroses sensai kinestetik (kinaesthetic).

Ini bisanya terjadi saat anda membayangkan bagaimana rasanya berada disuatu tempat yang menyenangkan.

Gerakan mata ke kiri bawah adalah indikasi bahwa ia sedang melakukan internal dialog dengan dirinya atau sedang berbicara dengan dirinya sendiri.

Misanya saat anada sedang berusaha mempertimbangkan sesuatu atau sedang melakukan percakapan dengan deri anda sendiri, maka gerakn yang terjadi adalah gerakan mata ke bawah kiri.

Intinya, dominasi gerakan maka ke kanan adalah indikasi bahwa seseorang sedang mengkreasikan sesuatu, sementara dominasai gerakan mata ke kiri adalah indikasi bahwa seseorang sedang mengakses memori pada dirinya.

Apa anda sudah paham?

Ingatlah, bahwa ini adalah parameter umum, bukan Sesuatu yang mutlak. Tapi anda boleh mengujinya.

Setiap orang mungkin memiliki pola gerakan mata yang berkebalikan. Sehingga cara terbijak adalah kamu harus mengamati pola gerakan mata yang ia miliki. Apakah ia orang yang memiliki pola yang berkebalikan atau tidak.

Kamu juga perlu memahami kecenderungan pergerakan matanya, sebab bisa jadi ia sedang berusaha mengkreasikan sesuatu dengan membandingkan apa yang sebelumnya sudah ia kreasikan dimasa lalu.

Ingat sekalali lagi, sebuah sinya biasanya berlangsung denga singkat, berlatihlah secara terus menerus. Agar anda semakin handal dalam mendeteksi kebohongan.

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.