MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

7 Situs Penyedia Jurnal Internasional Gratis Terbaik!

7 Situs Penyedia Jurnal Internasional Gratis Terbaik!
Add Comments
27/09/19

Akses terhadap referensi ilmiah mungkin masih menjadi kendala bagi sebagian orang, khusunya dalam mengakses jurnal internasional secara gratis.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, baik yang sedang menyusun Skripsi atau Thesis, jurnal penelitian ilmiah tentu menjadi sesuatu yang penting untuk dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian.  Sementara beberapa situs penyedia jurnal mengharuskan penggunanya untuk memiliki ID atau berlangganan untuk mengaksesnya.

Jika kamu memiliki keresahan yang sama, maka kamu berada pada artikel yang tepat. Disini kamu akan menemukan daftar situs penyedia jurnal terpercaya, panduan menemukan keyword yang tepat dalam menemukan jurnal yang kamu inginkan hingga ID berbayar secara gratis untuk beberapa situs penyedia jurnal internasional.

Berikut daftar penyedia jurnal yang dapat membantumu dalam menyelesaikan tugas skripsimu;


1. ProQuest


Situs ini menjadi salah satau rujukan yang bisa kamu gunakan karena menyajikan berbagai sumber artikel imliah dan jurnal dari berbagai disiplin ilmu yang bisa bermanfaat untukmu.

Situs ini mungkin mengharuskan kamu untuk memiliki akses berbayar, namun jika kamu merupakan mahasiswa Psikologi, atau tertarik dengan isu terkait itu, kamu bisa mengakses ProQuest dengan menggunakan ID berikut ini;

ID                : CNMJKSFGTY
Pass           : c00l@Court

Selamat mencoba ya!

2.  Perpusnas


Jika selama ini kamu hanya berkunjung ke perpustakaan yang ada dikampusmu namun tidak menemukan literatur yang kamu cari, saatnya kamu beralih ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dapat kamu akses hanya menggunakan internet.

Disana telah disediakan berbagai akses untuk memudahkanmu dalam menemukan literatur yang kamu butuhkan. Untuk mengaksesnya mungkin harus berbayar, namun tenang saja, pemerintah telah membiayainya dan kamu bisa menikmatinya dengan gratis. Caranya, kamu cukup mendaftar saja menjadi member. Gampang bukan!

3. Research Gate


Situs ini juga bisa menjadi salah satu pilihanmu, situs ini merupakan platform yang melibatkan jutaan peneliti yang didalamnya juga terdapat forum untuk diskusi. Situs ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan jurnal ilmiah untuk keperluan pendidikan S1 atau S2 mu.

Beberapa jurnal yang tersedia mungkin memerlukan beberapa izin (tidak full akses) namun jangan khawatir, karena artikel ini ditujukan untuk memudahkanmu dalam mengaksesnya, maka akan kami bagikan caranya pada bagian akhir artikel ini.

4.  ScienceDirect


Situs ini menjadi salah satu yang paling banyak menyajikan artikel ilmiah, jurnal hingga buku dengan berbagai topik. Sebagian artikel atau jurnal ilmiah dari situs ini dapat kamu download dengan gratis.

5.   Academia.edu


Situs ini mungkin menjadi salah satu yang paling banyak kamu gunakan, situs ini dapat disebut sebagai jejaring sosial para peneliti, kamu bisa follow peneliti atau sesorang yang memiliki ketertarikan minat yang sama denganmu. Untuk mengaksesnya kamu cukup mendaftarkan akun google atau FB milikmu.

6.  Google Scholar


Situs ini bisa menjadi salah satu pilihanmu, tidak perlu id berbayar atau mendaftarkan akunmu untuk mengaksesnya. Kamu bisa menemukan ribuan jurnal dan artikel ilmuah yang mungkin sesuai dengan yang butuhkan

7.  Google


Kamu mungkin bertanya, apa bedanya dengan google scholar. Percayalah. Google scholar memang dirancang khusus untuk membantumu menemukan artikel ilmiah. Tidak seperti google, yang mungkin setiap saat kamu gunakan. Tapi jika kamu menggunakan keyword yang tepat, kamu akan menemukan jurnal yang kamu inginkan.

Caranya, dalam setiap pencarian jurnal yang kamu inginkan cobalah akhiri dengan “.pdf” itu akan membantumu untuk langsung menemukan jurnal yang kamu inginkan dengan mudah dan gratis!
Contohnya; Journal of Psychology.pdf
Maka akan muncul serangkaian jurnal dalam bentuk pdf yang siap kamu download. Mudah bukan, tidak percaya buktikan saja!

Dari semua situs tersebut, situs yang paling menjadi rekomendasi adalah google.com.

Hal ini dikarenakan, informasi yang dapat dimiliki jauh lebih banyak dan beragam. Yang terpenting, kamu melakukan tips yang sudah kami berikan pada nomer 7.

Jika kamu menemukan jurnal ilmiah namun tidak dapat di unduh karena harus secara berbayar, kamu tidak perlu kuatir, kamu cukup mengikuti langkah pada artikel berikut ini:
Baca Juga: Cara Mendownload Jurnal Berbayar dengan Gratis dan Mudah.
Dengan memadukan kedua artikel ini, semuanya menjadi sempurna. Kamu cukup menemukan jurnal yang kamu inginkan lewat situs yang telah di rekomendasikan pada artikel ini, jika menemui masalah, cukup ikuti langkah berikutnya agar kamu bisa mendownload semua jurnal yang kamu inginkan dengan mudah.

selamat mencoba ya..

Jika artikel ini memberi manfaat untukmu, jangan lupa untuk menyebarkannya ya, berbagi kebaikan dan memudahkan orang lain adalah langkah agar jalan kita juga dipermudah bukan. Mari berbagi, agar tidak ada lagi yang mengalami kesulitan dalam mengakses jurnal…

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.

  1. Wah.. artikelnya sangat bermanfaat, jadinya sekarang lebih mudah mendapatkan jurnal

    Oh iya id dan paswordnya berguna

    BalasHapus
  2. Makasih gan infonya, bisa jadi referensi buat saya untuk bisa mendapatkan jurnal ilmiah dengan mudah dan tentunya terpercaya sumbernya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas postingannya,,

    Sangat Bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir,,,

    BalasHapus