MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Jangan Mau di Bohongi Lagi : Simak 8 Bahasa Tubuh Orang Sedang Membohongimu.

Jangan Mau di Bohongi Lagi : Simak 8 Bahasa Tubuh Orang Sedang Membohongimu.
Add Comments
30/09/19

Hampir dari kita tentunya pernah melakukan sebuah kebohongan, entah kamu sadari atau tidak atau mungkin kamu rencanakan atau tidak.

Saat bertemu seseorang, kamu mungkin merasa curiga terhadapa sesorang, apakah kamu sedang dibohongi atau tidak. Persoalannya apakah dia benar-benar sedang membohongimu?

Pada dasarnya, mengetahui seseorang sedang membohongimu itu adalah hal yang mudah. Mungkin kamu bisa memanipulasi apa yang kamu katakana tapi tidak dengan bahasa tubuhmu.

Penelitian oleh Dr. Desmond Morris menyebutkan bahwa kamu tidak akan bisa memalsukan bahasa tubuhmu. Orang yang mungkin mengetahui dan mempelajari bahasa tubuh orang berbohong akan mungkin bisa menutupinya.

Tapi, percayalah, dengan lebih cermat dalam mengamati bahas tubuh orang yang berbohong, kamu akan menemukan sebuah sinyal yang dihasilkan dari ketidak selarasan antara apa yang kamu katakan dengan yang sebenarnya terjadi.

Berikut tanda-tanda orang sedang berbohong.

Tanda-tanda atau isyarat yang ditunjukkan oleh semua orang yang berbohong bersifat universal. Artinya dibelahan dunia manapun, orang yang melakukan sebuah kebohongan akan cenderung menunjukkan tanda yang sama.

1.Menutup Tulut dan Terbatuk

Mungkin menurutmu ini hal yang biasa, tapi percayalah, menutup mulut dan menyamarkan apa kebohongannya dengan berbatuk (Bukan karena penyakit) adalah salah satu tanda bahwa dia sedang berbohong.

Gerakan menutup mulut sebenarnya adalah sebuah respon refleks yang seolah otak manusia memberi perintah kepada tangan untuk menghentikan ucapannya. 

Charles Darwin menyebutkan bahwa meletakkan tangan dimulut adalah sebuah tanda keheranan atau adanya sesuatu yang sedang disembunyikan. Hal itu berlaku saat kamu sedang tertawa lepas dengan keras, lalu kemudian tanpa sadar kamu menutup mulut dengan tanganmu karena merasa ada sesuatu yang salah.

Namun, apabila dalam sebuah percakapan, lawan bicaramu yang menunjukkan hal tersebut, itu berarti dia mungkin saja sedang menaruh curiga pada apa yang kamu sedang sampaikan.

2. Menyentuh Hidung

Gerakan ini adalah salah satu isyarat yang sedikit sulit untuk diamati. Hal itu kerena gerakan ini cenderung berlalu begitu cepat dan seolah menjadi suatu yang biasa.

Gerakan ini biasanya ringan dan lembut pada bagian bawah hidung, namun waspada, bisa jadi orang itu memang sedang gatal pada hidungnya.

Beberapa teori mencoba menjelaskan perilaku ini, salah satunya adalah, saat orang melakukan sebuah kebohongan akan muncul perasaan gatal pada ujung saraf hidungnya. Untuk menghilangkannya dilakukan dengan mengusap secara halus dan lembut.

Pendapat lainnya menyebebutkan bahwa, gerakan ini sebenarnya respon dari keinginan untuk menutu mulut, namun agar gerakan itu tidak begitu tampak jelas, maka ia akan turut menyentuh hidungya juga namun dengan gerakan yang sangat cepat dan halus sehingga itu bisa mengecohmu.

3. Memalingkan Pandangan

Banyak ungkapan menyebutkan bahwa mata adalah jendela hati. Ungkapan itu Nampak benar adanya, dengan mata kita bisa mengetahui bagaimana suasana hati orang lain, termasuk mengetahui apakah dia sedang berbohong atau tidak

Saat melakukan sebuah kebohongan, orang-orang akan cenderung akan memaligkan perhatiannya, entah itu kebawa, atau atau samping, yang jelas bukan mengarahkan pandangannya padamu sementara mulutnya terus saja berbicara.

4. Menggaruk Mata

Selain memalingkan pandangan, seseorang yang melakukan kebohongan akan di ikuti oleh gerakan menggaruk mata seolah sedang gatal. Bisa juga dia menggaruk matanya namun pandangannya tetap tertuju padamu.

5. Jumlah Kedipan Mata Meningkat

Cara lain untuk mendeteksi kebohongan adalah dengan memperhatikan jumlah kedipan matanya, orang yang melakukan sebuah kebohongan akan merasa gugup sehingga saraf pada mata akan bekerja lebih cepat.

6. Memalingkan pandangan

Dalam buku the Psychology interpersonal Behavior, menyebutkan bahwa pada sebuah pembicaraan frekuansi mereka melakukan pandangan adalah 30%-60%.


Saat mendengarkan, orang akan lebih banyak melakukan kontak mata untuk menunjukkan bahwa ia sedang memperhatikan. Namun untuk satu isyarat ini, kembali bergantung pada budaya. Sebab sebagian orang percaya bahwa melakukan kontak mata tidaklah baik trlebih jika lawan jenis, atau mungkin karna faktor percaya diri.
Gerakan memalingkan pandangan ini bisa dilakukan sebelum atau setelah ia menggosok matanya.

7. Menggaruk Leher

Megarak ini mengisyaratkan bahwa apa yang barusan ia ucapkan mengandung keraguan atau ketdak sesuaian. Gerakan ini biasanya dilakukand engan jari telunjuk pada sisi kanan atau kiri leher.

Untuk menggaruk leher depan atau depan, belum ditemukan penjelasan bahw itu merupakan isyarat kebohongan juga atau tidak, namun jika kamu menemukan gerakan itu dikombinasikan dengan gerakan lainnya, maka hal apa yang ia ucapkan patut kamu curigai.


Gerakan ini merupakan resppon syaraf disekitar leher yang akan terasa gatal saat sedang melakukan kebohongan, isyarat ini merupakan satu kesatuan dengan gerakan lainnya (Menutup mulut dan menyentuh hidung)

8. Perubahan Nada Suara

Perubahan intonasi dan artikulasi bisa terjadi pada orang yang sedang berbohong, hal itu bisa kamu amati pada saat reporter menanyakan sesuatu, jika ia menunjukkan artikulasi dan intonasi yang berubah, dapat dicurigai bahwa ada sesuatu yang tidak benar dari apa yang ia sudah sampaikan.

Selain 8 tanda bahasa tubuh orang berbohong tersebut, Dr, Gabriel juga menyebutkan bahwa ada 3 kondisi yang terjadi pada tubuh seseorang yang sedang berbohong yaitu

1. Takut dan Cemas

Hal ini dapat diitunjukkan dengan wajah dan telapak tangan berkeringa, Sering memicingkan mata atau melirik tajam, badan menjadu kaku, menarik nafas dalam, muka berangsur-angsur tampak pucat, berdeham atau batuk kecil, hingga bibir menjadi kering karena seting menelan ludah dan membashi dengan lidah.

2. Kekuatan untuk Menutupi Kebohongan

Hal ini ditunjukkan dengan ekspresi yang coba dibuat datar, tersenyum cepat namun tidak lepas, mengusap bagian wajah dan menyentuh hidung hinga menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya.

3. Internal Konflik

Ditunjukkan dengan jumlah kedipan yang menngkat, bahu menjadi gemetar, hitung  dan tangan terasa gatal, hingga wajah yang tampak gugup

Demikian isyarat yang bisaa kamu coba amati untuk mengetahui bahwa orang lain sedang membohongimi atau tidak, cobalah berlatih. Ingat, kadang diperlukan kombinasi isyarat agar itu bisa meyakinkan bahwa ia memang benar benar sedang melakukan suatu kebohongan.

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.

  1. Artikelnya sangat bermanfaat gan,


    Kunjungi blog saya juga ya, banyak juga artikel yang membahas seputar tutorial blogger dan Download Template Premium di Download template premium


    Tutorial Blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mas. semoga artikelnya bermanfaat ya

      Hapus
  2. Mantap gan artikelnya saya jadi tahu deh ciri" orang yang mana berbohong dan yang mana tidak. Jangan lupa ya mampir di web ane https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.toolsmix-id.com/2019/07/six-steps-to-multiply-your-adsense.html&ved=2ahUKEwij1NmA1YvlAhVs7nMBHY6wDzkQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw29BJdsrfrwzhgBf5mb4mmO

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap gan, pokoknya jangan mau dibohongin lagi lah.. siap meluncur bang ke webmu

      Hapus