MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Digital Detox : 10 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Digital Detox : 10 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Kecanduan Media Sosial
Add Comments
29/09/19

Apakah kamu merasakan kecemasan setelah mengetahui bahwa kamu meninggalkan smarphone atau chargermu di rumah saat kamu keluar? Atau apakah kamu merasa lelah dengan kebiasaanmu yang tidak bisa terlepas dari penggunaan sosial media?

Berikut ini sebuah strategi yang oleh para ahli dianggap sebagai cara terbaik untuk menghilangkan kecanduan sosial mediamu.

Cara melakukan “Digital Detox” dan berhenti dari kecanduan media sosial.

Platform media sosial seperti instagram, facebook, twitter tentu sangat dapat membentumu untuk selalu terhubung dengan teman atau keluarga tanpa harus mengenal ruang dan waktu.

Namun, stimulasi digital yang berlebihan apalagi jika informasi yag kamu terima tidak tersaring, akan mengorbankan kesehatanmu, baik secara mental maupun fisik.

Studi yang dilakukan oleh pusat penelitian Media, Teknologi dan Kesehatan University of Pittsburgh menemukan bahwa penggunaan berbagai platform media sosial meningkatkan berbagai resiko seperti depresi dan kecemasan pada penggunanya.

Baca Juga: Kenali Tanda Seseorang Sedang berbohong

Hal itu khususnya terjadi pada orang-orang yang menggunakan lebih dari 7 hingga 11 platform, dibanding yang hanya menggunakan sosial media tidal lebih dari 2 platform

Jika kamu membaca ini dan berpikir untuk “beristirahat dari media sosial”, 10 Strategi ini akan membantumu dalam memulai “Digital Detox”

1.  Hapus akun sosial media yang tidak kamu gunakan.

Menurut Direktur pemasaran untuk penyelenggara Profesional di Kanada, Marie Poter, menyebutkan bahwa langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan kecanduan sosial media adalah dengan menghapus semua platform media sosial yang tidak kamu gunakan.

2.   Buat rencana yang realistis

Jika menghapus media sosialmu adalah hal yang berat, cobalah menyusun sebuah rencana yang mungkin bisa kamu lakukan dengan konsisten dan bertahap.

Misalnya, menyisihkan waktumu 30 menit untuk tidak menggunakan media sosial sama sekali saat sedang melakukan pekerjaan, atau bahkan tidak menggunakan satu hari penuh sebagai upaya menurunkan kecanduanmu.

Jiak perlu cobalah membatasi penggunaanmu saat kamu sedang bersantai, biarkan dirimu menikmati moment yang sedang kamu jalani tanpa harus menggunakan smartphone

3.   Perhatikan waktu yang kamu gunakan di media sosial.

Media sosial benar-benar mimiliki kekuatan untuk membuatmu menghabiskan seluruh waktu yang kamu punya.  Untuk mengatasinya, Potter menyarankan untuk mengatur batas waktu yang akan kamu gunakan dalam menggunakan media sosial, Misalnya kamu mengatur waktu penggunaanmu dengan Timer di smarphone-mu, kemudian cobalah konsisten dengan itu.

4.   Matikan notifikasi media sosialmu

Suara notifikasi pada ponsel akan membuatmu selalu mencoba untuk mengecek pemberitahuan yang masuk, Potter menyarankan bahw salah satu cara sederhana yang bsia kamu lakukan adalah dengan mematikan notifikasi pada sosial mediamu.

5.   Hapus daftar “teman” atau yang kamu “ikuti”.

Mungkin bagi sebagian orang hal ini akan menjadi sedikit sulit untuk dilakukan, tapi cobalah tanyakan ini pada dirimu.

Apakah kamu mengenalnya dalam kehidupan nyata?
Pakah dia menambah nilai positif ada dirimu?
Apakah dia pemicu yang membuatmu selalu mengecek sosial mediamu?

jika kamu menjawab TIdak, Tidak dan Iya, maka menekan tombol hapus teman atau berhenti mengikuti adalah hal yang harus kamu coba sebab itu akan memberi pengatuh pada hidupmu dalam jangak panjang.

6.  Cobalah untuk tidak terbiasa berada dekat dengan smartphone mu.

Cobalah untuk terbiasa membuat kamu tidak selalu berada pada smartphone milikmu, jika kamu ingin tidur, cobalah jauhkan dia dari jangkauanmu, sebab itu juga akan membantumu untuk bisa tidur lebih nyenyak dan tidak lagi harus terganggu oleh notifikasi yang masuk

7.  Coba pertiimbangkan langkah detoksifikasi yang ekstrim

Hal ini mungkin tampak mustahil, tapi cobalah. Kamu bisa dengan mulai memberi tahu orang orang terdekatmu alternatif lain yang bisa mereka lakukan untuk menghubungimu. Lalu cobalah kamu matikan smarphonemu selama tenggak waktu tertentu. Dan lihatlah bagaimana perubahan yang akan terjadi dalam hidupmu.

8.   Belajarlah terlepas dari sosial media dan kembalikan fokusmu.

Kamu mungkin bisa saja merasakan sebuah ketakutan atau kecemasan jika tidak mengakses media sosial, Fokuslah pada dunia nyata dan bukan pada orang orang yang berada pada media sosial,

9.  Nikmati waktumu pada dunia nyata.

Jika selama ini kamu sibuk menghabiskan waktumu pada dunia nyata, cobalah sesekali kemu membuat sebuah kegiatan bersama teman-temamu, berlibur, atau menikmati sebuah konser bersama tanpa harus menggunakan media sosial, nikmatilah momen yang kamu buat.

10. Beri reward pada dirimu.

Membuat kebiasaan baru jangan kamu anggap sebagai sebuah penyiksaan. Berilah sebuah penghargaan positif pada diri anda. Misalnya, jika anda berhasil menghentikan kebiasaanmu menggunakan sosial media saat bekerja selama sau jam, maka berilah dirimu kebebasan menggunakan sosial media sepuasnya selama 10 menit.

Jika anda berhasil melewati sehari penuh tanpa media sosial, beri waktu pada dirumu untuk menggunakannya lagi selama satu jam pada waktu pribadi dimalam hari sebagai hadiah.

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.