MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

6 Cara Membangun Kesan Positif Lewat Berjabat Tangan

6 Cara Membangun Kesan Positif Lewat Berjabat Tangan
Add Comments
25/09/19

Melakukan jabat tangan tentu menjadi hal biasa yang semua orang pernah lakukan. Kamu mungkin bisa saja menganggap itu hal biasa yang tidak perlu dipikirkan. Tapi taukah kamu, jabat tangan yang kamu lakukan akan meninggalkan kesan tentang dirimu.

Jabat tangan akan menggambarkan kesan pertama yang kamu tampilkan. Kesan yang kamu tampilkan di awal akan memberi pengaruh pada citramu dimata orang lain. 

Lewat berjabat tangan, orang lain akan memberikan penilaian untukmu. 

Baca juga: Cara Membuat Kesan Pertamamu Mengagumkan!
Apakah dia orang yang penting?
Apakah kamu orang yang ramah dan terbuka?
Apakah kamu seorang yang percaya diri?

Itu semua dapat terlihat dari bagaimana caramu dalam melakukan jabat tangan. 

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana orang lain sedang mengulurkan tanganya untuk berjabat tangan denganmu, namun pandangan dan perhatiannya berada pada objek yang lain? Apakah kamu merasa bahwa kamu dihargai?

Atau mungkin pernahkah kamu berjabat tangan dengan orang lain dan genggamannya terlalu lemah? Apa yang kamu rasa?

Kondisi itu tentu bukan hal yang langka, dan kamu tentunya tidak ingin membuat sebuah kesalahan yang sama. 

Berikut ini 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat jabat tanganmu memberi kesan yang positif:

1.Jika kamu dalam kondisi duduk, Berdirilah!

Hal ini mungkin sepele, namun jika ada orang lain yang mengulurkan tangannya padamu, berdirilah terlebih dahulu sebelum menyambut tangannya. Cara ini setidaknya akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar respek dengan lawan bicaramu.

2.Tataplah matanya.

Melakukan jabat tangan tanpa memandang kearahnya adalah hal yang menunjukkan betapa tidak hormatnya dirimu padanya. Dengan menatap matanya saat berjabat tangan akan menunjukkan keyakinan dan kepercayaan dirimu.

3.Lakukan jabat tangan dari telapak ke telapak

Jangan berjabat tangan dengan hanya mempertemukan jari dengan jari atau jari dan telapak tangan. Cobalah melakukannya dengan mempertemukan telapak ke telapak karena itu akan menunjukkan perasaan yang bersahabat.

4.Jangan menarik tangannya.

Sebagian orang mungkin akan menarik tangan lawanya, hal itu mungkin akan menunjukkan dominasimu, tapi percayalah, hal itu justru akan membuat lawanmu menjadi kesal. Cobalah untuk tidak melakukan itu.

5.Ayunkan tanganmu.

Saat kamu sedang berjabat tangan, cobalah untuk mengayungkan tanganmu sebanyak satu sampai dua kali. Namun ingat, jangan lakukan itu secara berlebihan dengan mengayungkan terlalu keras. Itu akan meninggalkan kesan yang aneh padamu.

6.Cobalah membuat jabat tangan yang kamu lakukan menjadi lebih bermakna!

Saat kamu berjabat tangan, cobalah untuk tidak segera menarik tanganmu. Hal itu akan membuat jabat tangan yang kamu lakukan seolah berlalu begitu saja tanpa ada kesan yang berarti. Cobalah kamu memberi beberapa waktu untuk menunjukkan perhatianmu dengan melakukan kontak mata dan melakukan sedikit pembicaraan sebelum kamu menarik tanganmu. Percayalah, hal itu akan membuatnya merasa bahwa dia sedang bertemu dengan orang yang layak.

Itulah 6 tips yang bisa kamu gunakan dalam keseharianmu agar jabat tangan yang kamu lakukan memberikan kesan positif padamu.

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.