MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Kenali Minat dan Bakatmu, Berikut Caranya!

Kenali Minat dan Bakatmu, Berikut Caranya!
Add Comments
23/04/19

Sebelum tahu caranya, wajib banget tahu bedanya minat dan  bakat ya!

Apa itu bakat?

Bakat adalah potensi bawaan (sejak lahir) yang merupakan kemampuan khusus seseorang, melalui latihan yang dilakukan dapat menjadi prestasi/kinerja yang menonjol. Dengan bakat, seseorang dapat melakukan suatu hal/tugas dengan relatif lebih mudah dan sukses.

Pasti kamu pernah kan ketemu orang yang jago dalam hal hitung-hitungan, tapi kurang jago dalam bermusik? Atau yang jago dalam bahasa, tapi kurang jago dalam ketangkasan/olah raga?

Kalau minat, itu apa sih?

Minat adalah kesukaan terhadap kegiatan melebihi kegiatan lain. Pasti pernah kan kamu ketemu orang yang betah banget ngerjain soal hitung-hitungan? Atau ketemu orang yang betah banget depan pc buat ngedesain?

Nah kira-kira dari definisinya tadi. Udah ada gambaran belum tentang minat & bakatmu?

Masih bingung? It’s okay!

Berikut cara mengetahui minat dan  bakat:

1. Cari tahu hal yang kamu suka

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah cari tahu hal yang kamu suka. Mungkin kamu suka dengan fotografi, desain, atau olah raga? Atau kamu suka eksperimen dari nonton video masak di YT? Bisa jadi hal yang sering kamu bicarain atau kepoin adalah minatmu loh.

Gimana kalau ada beberapa hal yang kita suka? Coba cari tahu apa yang paliiiingg kamu suka and you wanna do that anytime tanpa paksaan.

2.  I am good at ……

Udah tau kamu handal atau jago atau bagus dalam hal apa? Coba tanya ke dirimu. Bisa jadi itu clue dari bakatmu loh. Contohnya nih kamu lebih jago dalam bidang fotografi dibandingkan bidang-bidang lain yang pernah kamu pelajari.

3.  Minta pandangan orang lain

Nah setelah coba tanya ke dirimu sendiri kamu bagus dalam hal apa, kamu juga bisa tanya pandangan orang lain terhadapmu loh. Tapi pastikan orang itu adalah orang yang kenal betul dengan dirimu ya!

4.  Perbanyak pengalaman

Masih belum tahu satu pun apa yang kamu suka dan apa yang bisa kamu lakukan? Tandanya kamu harus perbanyak kegiatan dan coba hal baru. Kita ga pernah tahu apakah salah satu hal yang udah kita coba selama ini merupakan bakat kita atau bukan. Bisa jadi hal yang kita sukai adalah sesuatu yang belum pernah kita coba atau pikirkan. Buat tahu itu semua, kita perlu banyak mencoba hal baru.

5.  Ikut tes minat dan bakat ke psikolog

Hmm kalau ini sih cara paling mudah, cepat, dan akuratttt ya. Kamu juga bisa berkonsultasi lebih dalam mengenai hasil tes minat & bakatmu dengan orang yang professional dibidangnya seperti psikolog.

Nah gimana? Udah ada gambaran dong pastinya.

Kalau udah tau potensi bakat & minat diri kalian, jangan lupa untuk terus dilatih dan dimanfaatkan ya! Supaya bisa jadi prestasi dan nilai plus buat diri kamuuuu.

Carilah juga lingkungan yang sesuai dan mendukung, supaya bakat & minatmu semakin berkembang.

Jangan lupa untuk percaya diri dalam mencoba hal baru.

Buat kamu yang masih bingung dengan dirimu dan pengen kenal lebih dengan dirimu sendiri. Kalian bisa kunjungi FEELYOU

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.