MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Ingin Punya Tabungan? Cara ini Bantu Pengeluaranmu Jadi Lebih Hemat

Ingin Punya Tabungan? Cara ini Bantu Pengeluaranmu Jadi Lebih Hemat
Add Comments
05/11/18

Coba ingat kembali kapan terakhir kali kamu merasa seluruh uang yang kamu miliki habis tanpa kamu sadari. apakah ada yang kamu sisihkan? atau seluruhnya habis buat kau belanjakan?

Jika kamu memiliki uang itu kembali, apakah akan kamu tabung atau tetap dibelanjakan?

Pikirkan lagi!

Belanja dapat memicu pusat kesenangan di otak dan menjadikan hal itu sebagai sesuatu yang sulit untuk dihilangkan. Berikut ini tips yang dapat membantumu memahami bahwa yang kamu perlukan adalah menabung, bukan menghabiskan.

1. Buatlah Dirimu Sibuk

Hal mendasar yang perlu kamu pahami bahwa secara tidak sadar kamu akan lebih sering berbelanja ketika merasa bosan atau tidak bahagia. Cobalah mencari kesibukan untuk menangkal kedua hal ini. cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memulai untuk menemukan hobi atau aktivitas baru. misalnya mungkin ikut kegiatan sosial, atau bergabung dalam komunitas yang sesuai dengan minatmu, atau mungkin sekedar membuat sebuah kerajinan tangan. Ketika kamu sibuk dalam aktivitas yang kamu sukai maka perasaan bahagialah yang akan cenderung kamu rasakan. ini memungkinkan pikirnmu terhindar dari pengeluaran

2. Pertimbangkan Kembali Gagasanmu Tentang Bersenang-senang

Mungkin beberapa diantara kamu berfikir, tidak ada yang lebih menyenangkan dalam menghabiskan malam dengan keluar bersama tema-teman dan menikmati minuman. itu tentu sangat menyenangkan tapi juga mahal. bahkan itu bisa merusak kesehatanmu.

Sebetulnya kamu tidak perlu menghabiskan uang hanya untuk bersenang-senang diluar. kenapa tidak kamu mengajak temanmu berkunjung dan menghabiskan malam ditempatmu. ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, misalnya mengolah bahan makanan yang kamu punya dan dinikmati bersama, itu akan menghemat pengelaranmu. Berdiskusi atau hanya sekedar bermain game kesukaan bersama-sama juga bisa menjadi pilihan. semua itu bisa menjadi sangat menyenangkan tanpa kamu harus mengeluarkan biaya lebih.

3. Belajarlah Membuat Anggaran

Kamu harus sadar bahwa pengeluaran yang berlebihan bisa terjadi karna kamu tidak tahu sudah berapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan. Hal mendasar yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran dengan terlebih dahulu menghitung berapa banyak uang yang bisa kamu kumpulkan dalam sebulan. Kemudian cobalah anggarkan untuk keperluan bulanan seperti tagihan, biaya sewa atau lainnya. lebihnya adalah dana yang bisa kamu gunakan buat belanja. cara lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan bantuan aplikasi yang saat ini banyak tersedia di playstore guna membantu melacak seluruh pengeluaranmu.

4. Biasakanlah Membayar Secara Tunai

Salah satu trik yang bisa membantumu mengurangi biaya pengeluaran adalah STOP menggunakan kartu kredit atau kartu debit. cukup gunakan uang cash sesuai anggaran yang telah kamu buat. Dengan cara ini kamu akan melihat bentuk fisik uang yang kamu gunakan. ketika menggunakan kartu, kamu akan terbodohi oleh fakta bahwa yang kamu gunakan bertransaksi bukanlah uang nyata dan tidak terdaftar di takmu dengan cara yang sama saat kamu mengunakan uang cash.

Membayar menggunakan uang tunai memberimu banyak batasan. kamu tidak dapat melakukan pembelian dalam jumlah yang besar karena uang yang kamu bawa tidak cukup banyak. ingat, belanjalah sesuai anggaran yang sudah kamu buat!

Ada begitu banyak cara agar kamu bisa menghentikan pengeluaranmu. namun hingga pikiranmu tak mampu mengontrolnya, semua akan sia-sia saja. cobalah gunakan trik ini dan membuatmu menjadi lebih sadar pada setiap sen yang kamu belanjakan. hal ini akan membuatmu menjadi lebih mudah menyadari pengeluaranmu ketika kamu benar-benar ingin menabung. 

Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.