MASIGNASUKAv101
6659691418091638551

Cara membuat Kesan Pertama Anda Mengagumkan!

Cara membuat Kesan Pertama Anda Mengagumkan!
Add Comments
14/10/19

Sebagian dari kamu mungkin merasa bingung harus menunjukkan sikap seperti apa saat harus bertemu dengan orang baru. Membuat kesan yang buruk tentu bukan hal yang kamu mau. Artikel ini akan membantumu menemukan rahasia psikologis yang mampu membuatmu menanamkan kesan pertama yang mengesankan setiap saat.

Baik dalam kehidupan kerja maupun pribadi, rahasia ini akan selalu membantumu memenangkan
setiap persaingan. Artikel ini tentunya memiliki kaitan dengan artikel berikut ini:

Ingin Menjadi Orang yang Disukai Oleh Siapapun Setiap Saat? Perhatikan Hal Berikut Ini!
Cermatilah keduanya, agar seluruh rahasia psikolois ini mampu  kamu gunakan dengan baik!
Cara termudah dalam membangun kesan yang mengesankan adalah dengan tersenyum!.

Tersenyum saat pertama kali berjumpa akan menunjukkan empat arti penting tentang dirimu; kebahagiaan, perasaan antusias, kepercayaan diri dan yang paling penting adalah penerimaan.

Dengan tersenyum itu akan menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang percaya diri, Seorang yang sedang gugup akan cenderung sulit untuk tersenyum.

Kebahagiaan dapat ditunjukkan dengan senyuman, percayalah, bahwa hampir semua dari kita menyukai orang-orang yang tampak berbahagia, sebab itu akan meninggalkan kesan bahwa dia adalah orang yang menyenangkan

Perasaan antusias adalah hal terpenting dalam membangun kesan yang baik, Hal itu karena perasan antusias mudah tertular pada orang lain. Senyuman yang kamu tunjukkan setidaknya akan menggambarkan bahwa kamu senang berada di tempat itu.

Pada bagian akhir, dengan tersenyum kamu akan menyiratkan pesan penerimaan dan membiarkan orang tau bahwa kamu tulus menerima apa adanya. Perasaan diterima  adalah hal yang dibutuhkan setiap orang.

Dalam ilmu psikologi, dikenal sebuah istilah yang disebut sebagai Hello effect.

Hello effect digambarkan sebagai sebuah proses dimana kesan yang pertama kamu tampakkan akan menjadi  gambarang orang lain terhadapmu setelahnya.

Karena hal itu, membangun kesan pertama yang mengagumkan adalah hal yang sangat penting karna itu akan menentukan bagaimana penilaiannya selanjutnya padamu.

Coba kamu ingat, saat bertemu pertama kali dengan sesorang yang bertubuh besar dengan sobekan kecil pada celana bagian lutut dan tampak lebih banyak berdiam diri. tentu setidaknya akan membuatmu menjadi takut, atau mungkin enggan untuk berkomunikasi. padahal bisa saja hatinya sangat lembut.
Baca Juga: 6 Cara Membangun Kesan Positif Lewat Berjabat Tangan
Mengingat betapa pentingnya sebuah kesan pertama, seorang peneliti Harold Kelley (1950) mencoba membuat sebuah eksperimen. Dia membagi mahasiswa dalam dua kelompok dan menyampaikan bahwa akan ada dosen tamu yang akan mengajar. Namun sebelum itu, ia memberikan selembar kertas yang berbeda kepada kedua kelompok tersebut;

 Perhatikan berikut ini

Orang yang sinis, rajin, praktis, dan teguh pendirian
Orang yang ramah, rajin, kritis, praktis, dan teguh pendirian

Hasilnya menunjukukkan bahwa kelimpok yang diberikan kertas pertama memiliki kesan yang buruk terhadap dosen tamu dibandingkan dengan kelompok yang mendapatkan kertas kedua.

Jika kamu menyimak dengan baik, keduanya hanya memiliki perbedaan pada sifat pertamanya saja dan kata yang pertama itulah yang kemudian tersaring melalui persepsi awalmu tentang orang tersebut; Sinis atau ramah.

Higgins, Rholes dan Jones (1977) melakukan penelitian yang khusus menyoroti pembahasan ini. Hasilnya, mereka yang sejak awal terbesik dalam pikirannya kata semborono, angkuh, suka menyendiri, dan keras kepala akan mempunyai kesan negatif tentang seseorang yang akan mereka temui. Sedangkan orang yang sejak awal dalam pikirannya akan bertemu dengan sosok petualang, pemberani, dan gigih akan menilai sosok yang akan ia temui adalah baik.

Sekali lagi,semua ini dapat terjadi karena kata dan gagasan yang telah tertanam pada benak kita.

Mungkin kamu beranggapan bahwa kata tidak memiliki hubungan dengan sebuah sifat, tapi percayalah, bahwa hal itu justru mudah masuk kedalam pikiranmu dan tanpa sadar akan akan menisbahkan sifat itu pada orang yang kamu temui.
Jika kamu ingin membangun kesan yang mengagumkan cobalah tanamkan kata yang positif.
Jika kamu sedang melamar sebuah pekerjaan, tuliskalh kata yang mengandung arti positif  (Misalnya: tegas, energik, meyakinkan, penuh semangat, cerdas) ketimbang siapa  dan apa kemampuanmu Cobalah gunakan bahasa yang kuat, spesifik dan positif. untuk menyampaikan dengan tepat bakat dan kemampuan anda,

Apa yang aku tuliskan disini, seluruhnya telah aku buktikan sendiri.sekarang giliranmu!
Abd Wahid Zulfikar

Awezet merupakan implementasi keilmuan yang berusaha memberikan panduan dan informasi terkait perilaku sosial, psikologi dan pengembangan karir yang lahir dari semangat untuk terus berbagi informasi disekitar kita.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.